MPPL - Siklus Manajement Proyek

Tugas 2

Nama : Muh. Shafwatallah Wahid
NRP : 05111740007002
Kelas : C


Initiation Stage

Problem
  • Penitipan dan peminjam dipondok pesantren Al-ikhlas Ujung Bone sangatlah susah untuk mengetahui siapa yang sudah menitipkan/meminjam laptop sehingga dari pihak pondok pesantren sedikit ragu untuk mengizinkan para siswa/santri untuk membawa laptop ke lingkungan pondok pesantren. 

Identification of the problem:
  • Kesulitan mengetahui siapa yang telah mengembalikan/meminjam laptop 
  • Kesulitan mengetahui berapa lama waktu peminjaman laptop
Identification of Scope:
  •  Ruang lingkup perangkat lunak ini adalah untuk santri dan pihak pondok pesantren yang memberi izin peminjaman
Identification of Deliverables :
  • Mendampilkan informasi kepada pihak pondok pesantren mengenai nama santri, kelas, NIS yang telah minjam , waktu peminjaman para santri
Identification of Project Stakeholders;
  • Stakeholfer pada projek ini adalah pihak pondok pesantren dan santri/wati

 Planning stage

Identification of Project Timeline:
Proyek dilaksanakan pada bulan Juni - Oktober, dengan perincian:
  • Juni : Pencarian tim pembuatan website dan flooring project ke tim
  • Juli : Rapat bulanan 1 dan 2
  • Agustus : Demo 1 dan rapat bulanan 3
  • September : Rapat bulanan 4 dan 5
  • Oktober : Rapat bulanan 6 dan demo 2
Estimation of Budget : 25 Juta Rupiah

Gathering resource:
  • Tim pembuatan website (backend)
  • Tim UI (Front End)
Risk Anticipation:
  • Program bisa selesai dengan timeline yang telah ditentukan. Bisa diantisipasi dengan mengadakan rapat bulanan 2 kali, dan ada demo 2 kali
  • Jika terdapat bug pada perangkaty lunak diperlukan maintenance dan perlu biaya lagi

Execution Stage

Creating Tasks and organizing workflows:
  • Pembagian tugas dibagi menjadi frontend dan backend
Explaining tasks to team members
  • Penjelasan pembagian tugas dilakukan dari awal saat flooring project
Communicating with team members
  • Setiap 2 minggu sekali diadakan rapat untuk berkominkasi antara tim
Monitoring:
  • Setiap satu bulan akan diadakan dua kali rapat untuk melakukan monitoring
Managing Budget:
  • Setiap ada permintaan tambah budget harus memberi kabar minimal 1 minggu sebelum permintaan uang

Closure Stage

Determining the goals
  • Waktu peminjaman para santri/wati
  • Program berjalan sesuai dengan requrement yang diminta oleh stakeholder
Evaluation of team's performance
  •  Semua anggota tim yang terlibat bekerja dengan baik dan bekerja sesuai dengan timeline yang telah direncanakan

 Making sure that all aspects of the project are completed and providing reports to key stakegolders
  • Laporan akhir ke semua stakeholder ( demo terakhir)
Conducting a final analysis of the project
  • Program berjalan sesuai dengan requirement yang diminta oleh stakeholder

Komentar

Postingan Populer